Rabu, 21 Desember 2011

Manajemen Berbasis Sekolah



Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah secara umum :Manajemen Berbasis Sekolah adalah model manajemen yang memberikan otonomi yang lebih besar kepada sekolah dan mendorong pengambilan keputusan bersama atau partisipatif dari semua warga sekolah dan masyarakat.
§  Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah menurut pandangan beberapa pendapat :
1)      Menurut Nanang Fatah :
   Manajemen Berbasis Sekolah merupakan pendekatan politik yang bertujuan untuk mengatur lagi pengelolaan sekolah dengan memberikan kekuasaan kepada kepala sekolah dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam upaya perbaikan kinerja sekolah yang mencakup guru, siswa, komite sekolah, orang tua siswa dan masyarakat.
2)      Menurut Bedjo Sudjanto :
   Manajemen Berbasis Sekolah merupakan model manajemen pendidikan yang memberikan otonomi lebih besar kepada kepala sekolah. Manajemen Berbasis Sekolah juga mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan langsung semua warga sekolah yang dilayani dengan tetap selaras pada Kebijakan Nasional Pendidikan.
3)      Menurut BPPN dan Bank Dunia :
   Manajemen Berbasis Sekolah merupakan bentuk alternatif sekolah dalam program desentralisasi dalam bidang pendidikan yang ditandai otonomi luas ditingkat sekolah, partisipasi masyarakat dalam rangka kebijakan pendidikan nasional. Manajemen Berbasis Sekolah merupakan penawaran bagi sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi peserta didik.
4)      Menurut Kubick ( dikutip Nurkolis, 2003 : 3) :
   Secara lebih sempit Manajemen Berbasis Sekolah hanya mengarah pada perubahan tanggung jawab pada bidang tertentu. Manajemen Berbasis Sekolah meletakkan tanggung jawab dalam pengambilan keputusan dari pemerintah kepada kepala sekolah yang menyangkut bidang anggaran personal dan kurikulum.
5)      Menurut E. Mulyasa :
   Manajemen Berbasis Sekolah adalah merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan yang menawarkan pada sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik bagi peserta didik serta meningkatkan kinerja para staff dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pendidikan.

  Dengan demikian Manajemen Berbasis Sekolah dapat disimpulkan Manajemen Berbasis Sekolah merupakan model pengelolaan sekolah yang memberikan kewenangan yang lebih besar kepada tingkat sekolah dalam rangka memberdayakan seluruh sumber daya manusia yang dimiliki secara efektif dan efisien dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam proses pengambilan keputusan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar