Brumfit
dan Finocchiaro dalam mengungkapkan
ciri-ciri pendekatan komunikatif adalah:
1. makna
merupakan yang terpenting
2. percakapan
harus berpusat di sekitar fungsi komunikatif dan tidak dihafalkan secara normal
3. kontekstualisasi
merupakan premis pertama
4. belajar
bahasa berarti belajar berkomunkasi
5. komunikasi
efektif dianjurkan
6. latihan
penubihan atau drill diperbolehkan, tetapi tidak memberatkan
7. ucapan
yang dapat dipahami diutamakan
8. setiap
alat bantu peserta didik diterima dengan baik
9. segala
upaya untuk berkomunikasi dapat didorong sejak awal
10. penggunaan
bahasa secara bijaksana dapat diterima bila memang layak
11. terjemahan
digunakan jika diperlukan peserta didik
12. membaca
dan menulis dapat dimulai sejak awal
13. sistem
bahasa dipelajari melalui kegiatan berkomunikasi
14. komunikasi
komunikatif merupakan tujuan
15. variasi
linguistic merupakan konsep inti dalam materi dan metodologi
16. urutan
ditentukan berdasarkan pertimbangan isi, fungsi, atau makna untuk memperkuat
minat baca
17. guru
mendorong peserta didik agar dapat bekerja sama dengan menggunakan bahasa itu
18. bahasa
diciptakan oleh peserta didik melalui percobaan dan mencoba
19. kefasihan
dan bahasa yang berterima merupakan tujuan utama, ketepatan dinilai dalam
konteks bukan dalam keabstrakan
20. peserta
didik diharapkan berinteraksi dengan orang lain melalui kelompok atau pasangan,
lisan dan tulis
21. guru
tidak bisa meramal bahasa apa yang akan digunakan peserta didiknya
22. motivasi
intrinsik akan timbul melalui minat terhadap hal-hal yang dikomunikasikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar