Minggu, 12 Februari 2012

ciri-ciri pendekatan komunikatif



Brumfit dan Finocchiaro dalam  mengungkapkan ciri-ciri pendekatan komunikatif adalah:
1.      makna merupakan yang terpenting
2.      percakapan harus berpusat di sekitar fungsi komunikatif dan tidak dihafalkan secara normal
3.      kontekstualisasi merupakan premis pertama
4.      belajar bahasa berarti belajar berkomunkasi
5.      komunikasi efektif dianjurkan
6.      latihan penubihan atau drill diperbolehkan, tetapi tidak memberatkan
7.      ucapan yang dapat dipahami diutamakan
8.      setiap alat bantu peserta didik diterima dengan baik
9.      segala upaya untuk berkomunikasi dapat didorong sejak awal
10.  penggunaan bahasa secara bijaksana dapat diterima bila memang layak
11.  terjemahan digunakan jika diperlukan peserta didik
12.  membaca dan menulis dapat dimulai sejak awal
13.  sistem bahasa dipelajari melalui kegiatan berkomunikasi
14.  komunikasi komunikatif merupakan tujuan
15.  variasi linguistic merupakan konsep inti dalam materi dan metodologi
16.  urutan ditentukan berdasarkan pertimbangan isi, fungsi, atau makna untuk memperkuat minat baca
17.  guru mendorong peserta didik agar dapat bekerja sama dengan menggunakan bahasa itu
18.  bahasa diciptakan oleh peserta didik melalui percobaan dan mencoba
19.  kefasihan dan bahasa yang berterima merupakan tujuan utama, ketepatan dinilai dalam konteks bukan dalam keabstrakan
20.  peserta didik diharapkan berinteraksi dengan orang lain melalui kelompok atau pasangan, lisan dan tulis
21.  guru tidak bisa meramal bahasa apa yang akan digunakan peserta didiknya
22.  motivasi intrinsik akan timbul melalui minat terhadap hal-hal yang dikomunikasikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar