Rabu, 06 Juni 2012

Y


Prinsip demokratis : merupakan proses membantu, menurut Surya (1988:9) dengan perkataan “membantu” bukan berarti suatu paksaan.
Prinsip berkesinambungan kegiatan dilakukan dengan sistematis, sengaja, berencana dan terarah pada tujuan.
Prinsip perbedaan individual : hal ini berarti bahwa individu harus dapat memahami dirinya, menerima dirinya, mengarahkan dirinya dan mewujudkan dirinya sesuai kepastian klien sebagai anggota masyarakat.
Prinsip pribadi seutuhnya : titik tolak prinsip ini pada dasarnya senada dengan prinsip perbedaan individual, yaitu berangkat dari tujuan bimbingan
Prinsip berpusat pada pribadi : hal ini mengandung pengertian bahwa di dalam proses bimbingan yang paling berhak memilih, merencanakan adalah klien sendiriDengan memperhatikan kata- kata kunci dari berbagai rumusan tersebut, untuk keperluan penelitian dibatasi menjadi 7 prinsip, yaitu:
Prinsip demokratis
Prinsip berkesinambungan
Prinsip perbedaan individual
Prinsip perbedaan seutuhnya
Prinsip terpusat pada terbimbing
Prinsip interdisiplin
Prinsip bimbingan bagian integral pendidikan



1)      Tujuan bimbingan konseling :
Membantu siswa mengembangkan pemahaman diri, sesuai kecakapan, minat, hasil belajar dan kesempatan yang ada.
Membantu siswa menjalani proses sosialisasi dan personalisasi nilai- nilai  dan mengembangkan kepekaan terhadap kebutuhan dan keadaan orang lain.
Membantu siswa mengembangkan motif intrinsik dalam belajar sehingga tercapai tujuan pengajaran yang bermakna.
Menumbuhkan dorongan untuk mengarahkan diri, memecahkan masalah, menentukan pilihan dan keputusan.
Membantu siswa mengembangkan sikap dan nilai.
Membantu siswa dalam memahami perilaku orang lain.
Membantu siswa memperoleh kepuasan pribadi dalam penyesuaian diri terhadap masyarakat.



2)      Fungsi bimbingan dan konseling :
Fungsi pemahaman : yaitu memahami karateristik siswa.
Fungsi pengembangan : yaitu membantu siswa dalam mengembangkan kecakapan dan kemampuan yang dimiliki.
Fungsi pencegahan : yaitu mencegah individu dari hal- hal yang tidak di kehendaki.
Fungsi penyembuhan : yaitu membantu memecahkan masalah yang dihadapi.
Fungsi penyesuaian : yaitu membantu individu untuk memperoleh penyesuaian pribadi yang sehat.
Fungsi adaptasi : yaitu penyesuaian program kegiatan terhadap kemampuan dan kondisi individu.
Fungsi penyaluran : yaitu membantu individu dalam memilih bidang- bidang pendidikan dan pekerjaan.



MASALAH MURID SD


Masalah perkembangan jasmani dan kesehatan.
Masalah keluarga dan rumah tangga.
Masalah-masalah psikologis.
Masalah-masalah sosial.
Masalah kesulitan dalam belajar.

Masalah-masalah penyesuaian tingkah laku
 
Masalah-masalah emosional
Masalah-masalah moral
Masalah belajar
Masalah-masalah sosial kejiwaan
Penanganan Masalah Murid Sekolah Dasar
Gambaran Masalah
Latar Belakang dan Latar Depan Masalah
Pengumpulan Data
Usaha Pencegahan
Usaha Pemecahan Masalah
Pihak-pihak yang terlibat dalam penanganan masalah



Masalah-masalah belajar

Sangat cepat dalam belajar
Keterlambatan akademik
Lambat belajar
Penempatan kelas
Kurang motivasi dalam belajar
Sikap dan kebiasaan buruk dalam belajar
Kehadiran di sekolah



Faktor-faktor yang bersumber dari siswa itu sendiri
Tingkat kecerdasan rendah
Kesehatan sering terganggu
Alat penglihatan dan pendengaran kurang berfungsi dengan baik
Gangguan alat perseptual
Tidak menguasai cara-cara belajar yang baik

Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga
Kemampuan ekonomi orang tua kurang memadai
Anak kurang mendapat perhatian dan pengawasan dari orang tuanya
Harapan orang tua terlalu tinggi terhadap anak
Orang tua pilih kasih terhadap anak
Hubungan keluarga tidak harmonis
Faktor-faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah dan masyarakat
Pengajaran Perbaikan
Pengajaran Pengayaan
Pembinaan sikap dan kebiasaan belajar yang baik
Meningkatkan motivasi murid untuk belajar
Prosedur Bimbingan
Langkah pertama : Kenalilah siswa yang mengalami kesulitan belajar
Langkah kedua : Bagaimana sifat dan jenis kesulitannya ?
Langkah ketiga : Apa latar belakangnya ?
Langkah keempat : Bagaimana kemungkinan-kemungkinan usaha bimbingan ?
Langkah kelima : Pelaksanaan pemberian bimbingan
Langkah keenam : Bagaimana hasilnya ?

Langkah-langkah bimbingan belajar yang dapat dilaksanakan oleh para

guru/ guru pembimbing adalah sebagai berikut :
Pengumpulan informasi tentang diri siswa
Pemberian informasi
Penempatan
Identifikasi siswa yang diduga mengalami kesulitan dalam belajar
Memperkirakan faktor penyebab kesulitan (diagnosa)
Memperkirakan cara pemecahan (prognosis)
Melakukan remedial atau bantuan (treatment)
Evaluasi dan tindak lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar