Rabu, 21 Desember 2011

RPP kelas 4 smester I || memahami hub antara SDA dan lingkungan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD N Candisari
Mata Pelajaran            : ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : IV / 1
Materi                          : Sumber Daya Alam
Waktu                         : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
     11.  Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
B. Kompetensi Dasar
     11.1 menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
C. Indikator
·         Menyebutkan jenis – jenis sumber daya alam.
·         Menjelaskan manfaat sumber daya alam.
·         Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
D. Tujuan Pembelajaran
·      Siswa dapat menyebutkan jenis – jenis sumber daya alam.
·      Siswa dapat menjelaskan manfaat sumber daya alam.
·      Siswa dapat menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan.
E. Materi Esensial
         Sumber daya alam adalah segala kekayaan yang ada di alam dan dapat di gunkan untuk memenuh kebutuhan manusia.
1.      Berbagai jenis sumber daya alam

§  Berdasarkan manfaatnya sumber daya dibagi menjadi 3 yaitu :
a.       Sumber daya alam penghasil energi, seperti matahari, angin , laut, gelombang laut dan gas bumi.
b.      Sumber daya alam penghasil bahan baku, seperti  hutan, laut dan tanah.
c.       Sumber daya alam untuk kenyamanan, seperti udara bersih, dan pemandangan alam.

§  Sedangkan menurut ketersediaanya di alam dikelompokkan menjadi :
a.       sumber daya kekal
seperti sinar matahari , ombak ,angin, arus laut merupakan sumber daya alam yang selalu tersedia dan tidak akan pernah habis meskipun setiap saat digunakan.
b.      sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui
seperti, minyak bumi batu bara, logam merupakan sumber daya alam dengan persediaanb yang terbatas dan tidak dapat dibuat atau dibentuk lagi setelah habis.
c.       sumber daya alam yang dapat diperbaharui
seperti jenis tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya alam yang dapat dibentuk lagi jika rusak atau habis.
§  Jika dilihat menurut jenisnya , kita akan mendapati 2 macam sumber daya alam yaitu :
a.       Sumber daya alam non hayati
Meliputi segala sesuatu yang bukan mahluk hidup,seperti udara , batu bar alogam dan lain-lain
b.      Sumber daya alam hayati
      Meliputi berbagai mahluk hidup, seperti orgam, tumbuhan dan hewan.

2.      Cara pemanfaatan sumber daya alam.

Segala sesuatu yang berada di alam berguna untuk membantu manusia memenuhi kebutuhan mereka. Contoh pemanfaatan sda dengan diolah sebagai mana fungsinya agar bias membantu kebutuhan manusia.
Contoh :
a.       Pasir
Pasir biasanya sering digunakan dalam pembuatan rumah,
b.      Pohon
Kayu dari pohon bias digunakan sebagai kayu bakar dan juga bias digunakan dalam membuat perabotan rumah, misalkan almari, kursi dan lain- lain.
c.       Minyak bumi
Minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar ( dalam kompor gas dll ).

3.      Hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan .

     Sumber daya alam yang kita miliki itu banyak sekali, sumber daya alam dapat dimanfaatkan  untuk kebutuhan manusia. Namun sumber daya alam ini akan habis kalau cara pemakaianya tidak memperhatikan pelestarian dan dapat menimbulkan dampak buat lingkungan. Contoh  dampak pengambilan sumber daya alam yang berlebihan terhadap lingkungan :
1.      Pemanfaatan hasil hutan yang tidak terkendali dampaknya hutan menjadi gundul, sehingga mudah terkena erosi , banjir dan tanah longsor.
2.      Pemanfaatan hasil tambang yang tidak terkendali
a.       Pengeboran minyak bumi yang berlebihan, dampaknya menimbulkan kelangkaan bahan di masa depan.
b.      Penambangan pasir secara berlebihan akan menimbulkan dampak longsornya tanah di sekitar penambangan.
F. Metode
    a. Ceramah
    b. Diskusi
    c. Tanya jawab
G. Model Pembelajaran
§  Kepala Bernomor (Numbered Head Togather)
H. Media Belajar
a.         Gambar
b.         Buku ipa sd kelas IV
I. Rencana Kegiatan Pembelajaran
     1. Pendahuluan
a)      Apresepsi
Guru menceritakan tentang salah satu penambangan yang dilakukan seseorang untuk mengambil hasil dari alam. Kemudian memnberi pertanyaan kepada siswa yaitu”Apa penyebab dari kerusakan lingkungan?”
    2  Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi

1.      Guru mendiskripsikan sumber daya alam :
·         Penggolongan sumber daya alam
·         Cara pemanfaatan sumber daya alam

2.      Guru bersama siswa Mendiskusikan mengenai jenis – jenis sumber daya alam :
·         Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
·         Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

b.      Elaborasi
·         Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
·         Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
·         Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
·         Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
·         Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
·         Kesimpulan

c.       Konfirmasi
·         Guru melakukan kegiatan Tanya jawab kepada peserta didik. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan : jika masih ada peserta didik yang belum memahami materi, guru bisa langsung memberikan bimbingan.
I. Penutup
·         menyampaikan kesimpulan dari materi yang telah dibahas
J. Penilaian
·         Teknik penilaian   = test formatif
·         Bentuk penilaian  = Esay
·         Pedoman penilaian :
a.       Skor jawaban benar = 10
b.      Nilai = jumlah skor x 10
K. Evaluasi
     Soal :
          Berilah jawaban yang benar / tepat pada titik – titik yang tersedia!
1.      Penebangan pohon yang semaunya dapat menimbulkan. . .
2.      Udara, air dan logam termasuk sumber daya alam yang bersifat. . .
3.      Organism, tumbuhan dan hewan termasuk sumber daya alam yang bersifat. . .
4.      Dampak penambangan pasir yang tidak terkendali adalah. . .
5.      Dampak pengeboran minyak secara tidak terkendali adalah. . .
6.      Hutan yang gundul dapat menyebabkan. . .
7.      Sebutkan 2 contoh sumber daya alam penghasil energy !
8.      Sebutkan 2 contoh sumber daya alam penghasil bahan baku !
9.      Sebutkan 2 contoh sumber daya alam penghasil kenyamanan !
10.  Dampak pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan adalah
Kunci jawaban :
1.      Erosi
2.      Non hayati
3.      Hayati
4.      Tanah disekitarnya longsor
5.      Kelangkaan bahan pada masa yang akan datang (masa depan)
6.      Erosi, tanah longsor dan banjir
7.      Matahari dan gas bumi
8.      Hutan dan laut
9.      Udara bersih dan pemandangan yang indah
10.  kerusakan lingkungan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar